Selasa, 25 September 2012

Hasil penelitian Mu'alik


NAMA: Mualliq
NIM    : 2008230024
Prodi   : Ilmu Komunikasi
Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Pada Surat Kabar Memo Arema. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
Dosen Pembimbing Utama              : Drs. Sugeng Rusmiwari, M.Si.
Dosen Pembimbing Pendamping     : Akhirul Aminullah, S.Sos. M.Si.
ABSTRAK
Dunia bisnis yang berkembang di Indonesia semakin berat dalamposisi sebagai industri dan pengusaha dalam menghadapi pesaing industrilainnya. Akan tetapi bisa menjadi kesempatan yang menarik bagi pengusahajika dalam memproduksi dan mempromosikan barang, sebuah industri dapat menggunakan strategi yang tepat. Yang melatar belakangi dalam penelitian ini adalah langkah atau strategi apa yang dilakukan oleh memo arema sehingga memo arema masih berdiri dan berkembang sampai sekarang dan bagaimana cara meningkatkan omsetnya.
            Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi fokus penelitian ini adalah, pertama bagaimana strategi komuniasi pemasaran pada Surat Kabar Memo Arema dalam menigkatkan omset penjualan, dan yang kedua adalah apa saja hambatan yang dihadapi oleh Memo Arema.
            Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.penelitian ini dilakukan bertahap dengan menggunakan langkah-langkah editing, classifying, dan verifying.
            Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh memo arema adalah:1. Mengadakan event 2.menerima jasa iklan 3. Menggunakan jejaring social sepeti facebook dan twitter. Hambatannya dalam mengadakan event masih ada kendalanya yaitu masalah minimnya anggaran dananya, harga iklan relative murah, akun feceb oo dan twitter masih belum banyak yang mengunjungi.
            Setelah melalui tahap pengumpulan dan analisis data temuan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan strategi komunikasi pemasaran pada Memo Arema belum seluruhnya dilaksanakan. Ini dikarenakan dalam proses pemasarannya masih menggunakan saluran distribusi sederhana. Dalam penerapan komuniasi pemasaran untuk meningkatkan omset dapat ditemukan beberapa faktor yang membantu meningkatkan omset, yaitu aspek produk (produk yang berkualitas tinggi), aspek tempat (tempat produksi yang mempunyai  lokasi mempermudah akses penjualan. Sedangkan untuk aspek harga dan promosi, masih harus ada perbaikan dan peningkatan secara berkala.


Kata Kunci : Strategi komunikasi Pemasaran, Peningkatan Omset.



0 komentar:

Posting Komentar