Selasa, 25 September 2012

Hasil penelitian Maria Raniliati


Maria Raniliati , ILMU ADMINISTRASI NEGARA, 
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, 2012

PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM IMPLEMENTASI ADMINISTRASI PERKANTORAN
(Studi pada Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)

Dosen Pembimbing Utama               : Willy Tri Hardianto,S.Sos, MM,MAP
Dosen Pembimbing Pendamping     :  Agung Suprojo, S.Kom, MAP

ABSTRAK

Komunikasi organisasi adalah komunikasi antarindividu yang terjadi dalam suatu organisasi, baik mencakup komunikasi internal maupun eksternal. Pentingnya komunikasi dalam setiap pelaksanaan berbagai kegiatan atau kerja suatu organisasi, menjadikannya sebagai penentu dalam mengukur keefektifan dan efisiensi dari organisasi tersebut. Yang menunjukan apakah organisasi tersebut telah berhasil mencapai suatu target yang telah ditentukan dan disepakati terlebih dahulu, khususnya di sini dalam implementasi (pelaksanaan) administrasi perkantoran.
            Dalam penelitian ini digunakan Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif, di mana data dari hasil penelitian berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan statistik. Adapun langkah-langkah pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner.
Dari hasil penelitian diperoleh suatu kesimpulan : (1) Dari hasil analisis data menunjukan bahwa peran komunikasi organisasi (organizational communication) dalam implementation administrasi perkantoranyang berlangsung di Kantor Kecamatan Lowokwaru sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari klasifikasi jawaban responden pada tabel perbandingan hasil analisis data yaitu variabel bebas (X) sebesar 60% menjawab sudah baik. (2) Implementatiton administrasi perkantoran yang ada pada kantor Kecamatan Lowokwaru sudah berjalan dengan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban responden pada Variabel Terikat (Y) sebesar 70% dengan kategori jawaban sangat baik. (3) Secara keseluruhan, peran organizational communication dalam implementation administrasi perkantoran telah berjalan dengan baik, sehingga dapat dikatakan bahwa peran organizational communication yang ada pada kantor Kecamatan Lowokwaru mampu menunjang efektifitas dalam implementation administrasi perkantoran tersebut.



 

Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Implementasi Administrasi Perkantoran

0 komentar:

Posting Komentar