Senin, 24 September 2012

Hasil Penelitian Kurniasari


Kurniasani, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2012
PERSEPSI  REMAJA TENTANG CELEBRITY ENDORSER SHIREEN SUNGKAR DAN TEUKU WISNU DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT GENERASI BERENCANA DI TELEVISI
(Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuawana Tunggadewi)
Dosen Pembimbing Utama            :   Akhirul Aminulloh, S.Sos. M. Si
Dosen Pembimbing Pendamping   :   Willy Tri Hardianto, S.Sos. MM., M.AP.
 

ABSTRAKSI

Penggunaan celebrity endorser  merupakan salah satu strategi  merancang daya tarik  pesan iklan televisi  baik iklan komersial ataupun Iklan Layanan Masyarakat. Strategi inilah yang digunakan oleh BKKBN untuk mengkampanyekan Generasi Berencana yaitu dengan membuat iklan layanan masyarakat generasi berencana dengan celebrity endorsernya Shireen dan Wisnu, penggunaan celebrity endorser dalam iklan layanan masyarakat tersebut  memunculkan beragam persepsi  dari remaja sebagai target sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami persepsi remaja di program studi Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuawana Tunggadewi tentang Celebrity endorser Shireen dan Wisnu dalam Iklan layanan masyarakat Generasi berencana di televisi.
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, pengambilan informan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) dan teknik bola salju (snowball sampling).untuk mengukur validitas keabsahan data menggunakan teknik pemeriksaan dengan teknik penguji data triangulasi, selanjutnya analisis data digunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diperoleh suatu kesimpulan : (1) Persepsi remaja ilmu komunikasi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi tentang celebrity endorser Shireen dan Wisnu dalam iklan layanan masyarakat Generasi Berencana sudah baik dikarenakan Shireen dan Wisnu memiliki kemampuan berakting dengan baik dan  Shireen dan Wisnu menjiwai peran yang dimainkan sehingga pesan yang disampaikan diterima dengan baik. Walaupun ada juga yang mengatakan peran Shireen dalam iklan tersebut kurang tepat karena Shireen  terlalu muda.
 (2) Shireen dan Wisnu memiliki kredibilitas sebagai komunikator, karena Shireen dan Wisnu dinilai mememuhi kriteria  sebagai komunikator yaitu pada komponen data tarik (Attractiveness), kesukaan (Likeability), kepercayaan (Trustworthiness) dan keahlian (Expertise) dalam iklan layanan masyarakat Generasi Berencana.
Kata Kunci : persepsi remaja, celebrity endorser, iklan layanan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar