Senin, 24 September 2012

Hasil Penelitian Ika


Fransiska Sartika, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, 2012
MAKNA BUDAYA DALAM IKLAN ROKOK LA LIGHTS
(Studi Semiotik Tentang Iklan Rokok LA Lights Versi “Rumput Gue Lebih Asyik dari Tetangga” di Televisi)

Dosen Pembimbing Utama                 : Akhirul Aminulloh, S.Sos.,M.Si
Dosen Pembimbing Pendamping        : Etik Sulistyaningsih, S.Sos                          

ABSTRAKSI

Penelitian pada iklan LA Lights didasari atas ketertarikan peneliti akan konsep iklannya yang berbeda dari iklan lainnya. Biasanya iklan selalu menggunakan model selebritis atau wajah-wajah baru, namun iklan LA Lights versi ini menampilkan kambing sebagai modelnya. Konsep iklan yang berbeda dengan mengusung konsep parodi membuat iklan ini semakin menarik perhatian penonton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna budaya dalam iklan rokok LA Lights Versi “Rumput Gue Lebih Asyik Dari Tetangga” di Televisi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika. Pengumpulan data dilakukan dengan mendownload iklan rokok LA Lights versi “Rumput Gue Lebih Asyik Dari Tetangga” melalui situs youtobe, kemudian mengcapture dan membaginya dalam analisis semiotika Roland Barthes, yakni pemaknaan terhadap penanda, petanda, level konotasi dan denotasi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa makna budaya dalam visualisasi iklan Rokok LA Lights versi “Rumput Gue Lebih Asyik Dari Tetangga” di Televisi adalah budaya untuk memilih atau mencintai rokok LA Lights karena rokok LA Lights lebih asyik dan nyata nikmatnya dibandingkan dengan rokok-rokok lainnya dan juga sebagai bentuk sindiran akan realitas sosial dalam masyarakat bahwa apa yang kita miliki saat ini harus senantiasa disyukuri dan jangan pernah iri tehadap milik orang lain. Budaya tersebut dikemas dalam bentuk plesetan perumpamaan dan alur cerita iklan.


Kata kunci: Iklan Rokok, LA Lights, Semiotika, Budaya

0 komentar:

Posting Komentar